Jumat, 18 Oktober 2013


Proses pengolahan bentonit untuk pemboran dan urea
Hasil bentonit dari tambang yang berupa bongkahan diangkut dengan truk menuju pabrik pengolahan dengan melalui beberapa proses yaitu penghancuran, pemanasan, penggilingan dan pengayakan. Untuk pengecilan ukuran, digunakan temperatur 480 F. tujuan pengeringan adalah mengurangi kadar air rata-rata 30% menjadi kadar air rata-rata sebesaar 8%. sedangkan penggerusan dan pengemasan, umumnya bentonit digerus sampai 200 mesh dengan micro grider dan untuk mendapatkan - 200 mesh digunakan classifier.Teknik pengolahan bentonit untuk keperluan sebagai berikut :A. Pembuatan Urea Molasses Block (Makanan Tambahan Untuk Ternak)bahan utama yang diperlukan antara lain mollasses (tetes tebu) sebagai sumber energi, pupuk urea sebagai sumber nitrogen (protein) dan bahan pengisi berupa dedak padi, dedak gandum, bungkil kelapa, bungkil biji kapuk, sebagai bahan pengeras dipakai bentonit, tepung batugamping dan sebagai bahan tambahan dipakai garam dapur dan mineral campuran.Proses pengolahan adalah sebagai berikut :
  1. Cara Dingin - Cara ini hanya digunakan dengan mencampur mollasses dan urea dengan bahan lain sebagai bahan pengisi, pengeras dan bahan tambahan lainnya sampai adonan menjadi merata kemudian dipadatkan dengan cetakan. Cara ini digunakan apabila mollasses yang diolah relatif sedikit.
  2. Cara Hangat - Mula-mula mollasses dipanaskan sampai suhu antara 400 C dan 500 C. Setelah tercapai kondisi suhu tersebut maka dicampur dengan urea, bahan pengisi pengeras dan bahan tambahan lainnya. Setelah adonan menjadi rata kemudian dicetak dan dipadatkan sesuai dengan ukuran yang telah ditentukan.
  3. Cara Panas - Pembuatan makanan ternak dengan cara panas dilakukan apabila jumlah mollasses (tetes tebu) dan bahan pengisi dipanaskan sampai suhu 1000 C - 1200 C selama 10 menit. Setelah adonan didinginkan sampai suhu 700 C maka adonan dicampur dengan urea dan bahan pengeras lainnya kemudian dituangkan ketempat percetakannya dan adonan tersebut diaduk terus agar tidak mengeras. Jumlah bentonit yang dicampurkan ke dalam adonan adalah sebanyak 2 - 6 % dari jumlah adonan.
B. Pembuatan Lumpur Pemboran.Pengecilan ukuran bentonit digunakan hammer hingga ukuran 0,25 inch. Selanjutnya dilakukan proses pengeringan dengan temperatur 480 F. Alat yang dipakai adalah Rotary Drier. Dengan adanya proses pengeringan ini diharapkan air dapat dikurangi dari kadar rata-rata 30 % menjadi rata-rata 8 %.Setelah proses pengeringan selesai selanjutnya dilakukan proses penggilingan dengan menggunakan mikro grinder sampai mencapai ukuran 200 mesh. Untuk ukuran sampai - 200 dapat digunakan alat Classifier ataupun Cyclone.Bentonit yang digunakan sebagai persyaratan lumpur pemboran adalah Bentonit jenis Na-Bentonit. Untuk bentonit jenis Ca-Bentonit, di dalam proses pengolahan dicampurkan dengan Sodium Karbonat atau Soda Abu (Na2CO3).Persyaratan Bentonit untuk lumpur pemboran :· America Petroleum Institute (API).
  • Kekentalan untuk larutan 10 gr dalam 350 ml air adalah > 8 Cp
  • Hilang dalam penyaringan melalui kertas pelapis (filter)
  • Sisa yang tertampung oleh 200 mesh adalah < 2,5 %
  • Kandungan uap air (kelembaban) adalah < 12 %
  • Oil Companies Materials Association (OCMA).
  • Kekentalan dalam larutan 6,5 gr bentonit dalam 100ml cairan dasar adalah >15 Cp.
  • Hilang melalui kertas filter untuk larutan 7,5 gr dalam 100 ml air adalah <15 ml.
  • Kandungan uap air adalah < 15 %
  • Sisa pada 200 mesh pada penyaringan basah adalah < 2,5 %.
  • Lepas dari 100 mesh pada penyaringan kering adalah > 98 %

Teknik pengolahan bentonitTeknik pengolahan bentonit


2 komentar:

Blogger mengatakan...

Kami memproduksi dan menjual tepung bentonite dengan kualitas terbaik. Lokasi di Sukabumi jawabarat
Hubungi 081281774186
085793333234
Silahkan simpan nomor dan hubungi jika diperlukan. Terimakasih

Blogger mengatakan...

Kami memproduksi dan menjual tepung bentonite dengan kualitas terbaik. Lokasi di Sukabumi jawabarat
Hubungi 081281774186
085793333234
Silahkan simpan nomor dan hubungi jika diperlukan. Terimakasih